Mengenal Bermacam-Macam Chakra

Gambar

Chakra berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti roda (berputar).Chakra adalah suatu titik pembangkit energi Metafisika Spiritual dan energi Metafisika 4 Unsur Alam Semesta yang ada pada organ tubuh.Chakra yang ada di tubuh manusia berbentuk seperti roda berputar dan seperti bunga teratai yang berkembang. Ada tujuh chakra utama yang ada di tubuh manusia, yaitu:

Cakra adalah titik pusat energi yang ada di dalam tubuh bioplasmik manusia.Pengetahuan tentang cakra ini sebenarnya berasal dari timur. Negara-negara barat termasuk Eropa pada awalnya tidak menganut keyakinan ini, dengan kata lain mereka tidak percaya dengan adanya cakra. Namun seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, baik di bidang kesehatan, kedokteran modern atau bela diri, orang – orang barat mulai banyak yang setuju dengan konsep adanya titik cakra dalam tubuh manusia.Bahkan, mereka sudah menciptakan alat yang bisa melihat cakra dalam waktu yang sangat singkat.Cakra tidak lagi dilihat secara mata batin, tetapi benar-benar muncul dalam olah digital.

 

Cakra tidak terlihat dalam tubuh fisik. Kalau tubuh manusia dibedah, anda tidak akan menemukan bagian cakra. Mengapa ?Karena cakra letaknya ada pada tubuh bioplasmik.

 

Tubuh bioplasmik adalah cetakan tubuh fisik manusia, yang benar-benar menyerupai tubuh fisik.Ada kepala, lengan, kaki, badan, dan sebagainya. Disebut bio karena hidup, dan plasmik berasal dari istilah plasma.. Plasma disini tidak sama dengan plasma darah. Plasma adalah istilah untuk menyebut bahan keempat dalam pembentukan suatu unsur fisika, selain padat, cair, dan gas.Wujud tubuh bioplasmik itulah yang muncul ke permukaan tubuh fisik manusia, dan kemudian disebut dengan aura.

 

Diyakini ada 365 titik cakra dalam tubuh manusia, tetapi jumlah titik cakra yang utama (mayor) hanya ada tujuh. Yang tujuh ini sudah dianggap mewakili cakra lain yang jumlahnya ratusan itu. Masing-masing orang berbeda pendapat tentang apa saja tujuh titik cakra manusia. Tetapi saya sendiri meyakini, tujuh titik cakra (menurut versi keilmuan saya), tujuh titik cakra itu adalah :

1.  Chakra Mahkota  (SAHASRARA)
2. Chakra  Mata Ketiga  ( Ajna )

3. Chakra Tenggorokan  (VISHUDDA)

4. Chakra Jantung  (ANAHATA)

5. Chakra Solar Plexus  (MANIPURA)

6. Chakra Sex  (SVADISTHANA)

7. Chakra Dasar (MULADHARA)

Chakra Jasad

Chakra Jasad berada di seluruh tubuh manusia.Gambar chakra Jasad tidak ditampilkan karena sangat banyak (mencapai 366 cakra).

Secara singkat, chakra Jasad memiliki beberapa chakra penting, di antaranya:

 Chakra Persendian Tubuh

  • Chakra Organ Tubuh
  • Chakra Minor (chakra yang berada pada telapak kaki dan tangan)
  • Chakra Laser (chakra yang berada pada jari telapak kaki dan tangan)

 Saya akan menjelaskan chakra-chakra itu satu per satu.

 Chakra Persendian Tubuh

Chakra ini berada pada ke-366 persendian tubuh manusia.Chakra ini memiliki energi Metafisika 4 Unsur Alam Semesta yang cukup tinggi terutama unsur Buminya.Yang diutamakan pada unsur ini adalah kalsium dan zat kapurnya.

Chakra Persendian Tubuh berfungsi untuk memperkuat dan menahan daya tahan tubuh dan menambahkan kalsium dan zat kapur pada rangka serta persendian manusia.Sifat Chakra ini adalah penguat kerangka manusia.

 Chakra Organ Tubuh

Chakra Organ Tubuh terdapat pada bagian-bagian organ tubuh terutama pada area tujuh chakra utama, seperti chakra Organ Tubuh Mata, Hidung, Telinga di area chakra Ajna.

Chakra Minor

Chakra Minor terletak di telapak kaki dan telapak tangan. Chakra ini berfungsi sebagai pembangkit energi Metafisika Spiritual dan energi Metafisika 4 Unsur Alam Semesta dan sebagai tempat keluar masuknya energi tersebut pada saat kita mentransfer atau menghimpun energi Metafisika Spiritual dan energi Metafisika 4 Unsur Alam Semesta.

Chakra Laser

Chakra Laser terletak pada ujung jari kaki dan jari tangan. Chakra ini berfungsi sebagai pembangkit energi Metafisika Spiritual dan energi Metafisika 4 Unsur Alam Semesta dan sebagai tempat keluar masuknya energi tersebut pada saat kita mentransfer atau menghimpun energi Metafisika Spiritual dan energi Metafisika 4 Unsur Alam Semesta. Bedanya dengan chakra Minor, pengeluaran atau pemasukan energi melalui chakra ini lebih kecil, fokus, dan lebih halus.

Fungsi Chakra Jasad Secara Keseluruhan

Secara keseluruhan, chakra Jasad berfungsi sebagai:

  • Penyeimbang seluruh energi dari tujuh chakra utama, chakra Persendian Tubuh, chakra Organ Tubuh, chakra Minor, dan chakra Laser.
  • Pengendali seluruh gerak energi tujuh chakra utama, chakra Persendian Tubuh, chakra Organ Tubuh, chakra Minor dan chakra Laser.
  • Pengatur hormon-hormon pada tubuh manusia. Misal-nya, hormon adrenalin dan hormon insulin pada ginjal dan hati, hormon ovum dan sperma pada alat vital, hormon tiroksin pada kelenjar gondok dan hormon lainnya pada tubuh manusia.

Fungsi Chakra Shing Chi Inner Body

Chakra Shing Chi Inner Body merupakan chakra Ilahiah atau chakra Spiritual yang utama.

Chakra Shing Chi Inner Body berpusat di chakra Anahata (jantung).Chakra ini merupakan penyeimbang dari chakra Jasad dan tujuh chakra utama. Tanpa chakra Shing Chi Inner Body maka segala energi Metafisika Spiritual yang ada pada chakra Jasad dan tujuh chakra utama tidak akan bangkit, akibatnya manusia tersebut mati.

 Mengapa chakra Shing Chi Inner body berpusat pada chakra Anahata (jantung)?Sesungguhnya chakra Shing Chi Inner Body berpusat pada tiga chakra utama dari tujuh chakra utama, yaitu chakra Kundalini (Mooladhara), chakra Anahata, dan chakra Sahasrara.Ketiga chakra utama ini merupakan jalur dari inti awal pembangkitan energi Metafisika Spiritual dan energi Metafisika 4 Unsur Alam Semesta. Jika chakra Kundalini tidak bangkit dan tidak menuju ke chakra Anahata ataupun chakra Sahasrara maka sebesar apa pun energinya chakra Shing Chi Inner Body tetap tidak akan bangkit. Jika chakra Anahata tidak dibangkitkan, manusia tidak akan mampu mengedarkan darah. Jika chakra Sahasraranya tidak bangkit, energi Spiritual apa pun tidak akan dapat masuk ke dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, ketiga chakra ini menjadi sangat penting.

Chakra Dasarakan bangkit jika chakra tersebut telah menerima Shaktiphat, yaitu energi yang berawal dari chakra Shing Chi Inner Body. Sehebat apa pun manusia, jika chakra Shing Chi Inner Body-nya tidak bangkit ia tidak akan mem-punyai Shaktiphat yang lebih tinggi dari Shaktiphat yang dibutuhkan oleh chakra Dasar. Oleh karena itu, seseorang yang tidak bangkit chakra Shing Chi Inner Body-nya secara maksimal, ia tidak akan dapat membangkitkan chakra Dasar

 Bangkitnya tiga chakra utama ini (chakraMooladhara, chakra Anahata, dan chakra Sahasrara) sangat dibutuhkan untuk membangkitkan chakra Shing Chi Iner Body. Oleh karena itu, untuk mendapatkan shaktiphat yang melebihi yang dibutuhkan oleh chakra Dasar, Anda harus mencari se-orang Master yang telah bangkit chakra Shing Chi Inner Body-nya secara maksimal dan telah memiliki shaktiphat yang melebihi batas yang dibutuhkan oleh chakra Dasar.

Mengapa demikian?Sebagai contoh, Anda memiliki shaktiphat sebesar 5.Karena untuk membangkitkan chakra Dasar dibutuhkan shaktiphat 20, maka Anda kekurangan shaktiphat 15. Akibatnya, Anda tidak mungkin dapat mem-bangkitkan chakra Dasar dan hal ini pasti hanya akan merugikan diri Anda. Tetapi jika Anda menemukan seorang master yang hanya memiliki shaktiphat yang cukup sehingga hanya mampu memberikan Anda shaktiphat sebesar 15 —sehingga shaktiphat Anda menjadi 20— Anda tidak akan berhasil membangkitkan chakra Dasar karena setidaknya Anda harus memiliki Shaktiphat lebih dari 20 sehingga hasil-nya maksimal.

Oleh karena itu, setidaknya carilah master yang dapat memberikan Anda shaktiphat yang jauh melebihi batas ketentuan yang dibutuhkan chakra Dasar (Mooladhara).

 Jadi, fungsi chakra Shing Chi Inner Body dalam tujuh chakra utama dan chakra Jasad adalah untuk menyeimbang-kan energi-energinya dan membuat suatu Shaktiphat yang lebih tinggi agar Anda mengalami suatu proses peningkatan dalam proses keseimbangan energi. Dengan demikian, Anda tidak hanya dapat membangkitkan chakra Jasad atau ketujuh chakra utama saja, tetapi Anda pun bisa menjadi seorang yang menguasai segala hal dalam fungsi pembangkitan ini.

 Salah satu fungsi cakra adalah untuk menyerap energi hidup atau prana alam yang ada di jagad raya. Tanpa prana alam, semua makhluk hidup akan mati. Energi prana alam inilah yang membuat manusia, hewan, dan tumbuhan bisa hidup dan menikmati dunia.  Kemarahan, kegelisahan, kekhawatiran, ketakutan, kesedihan, rasa keinginan yang berlebihan, banyaknya beban pikiran, semua itu menjadi faktor penghambat  terbukanya cakra-cakra dalam fisik Anda. Sebaliknya, kebahagiaan, kedamaian, ketentraman, semangat adalah unsur perasaan yang mendukung terbukanya Cakra Anda.Cakra yang terbuka memiliki banyak kelebihan dan manfaat, sebaliknya cakra yang masih tertutup atau belum sepenuhnya terbuka menyebabkan beberapa kelemahan dalam setiap diri pribadi.

 HUBUNGAN CHAKRA DENGAN UMUR

Di awal kehamilan seorang ibu, chakra dalam janin telah aktif dan memulai perkembangan.Pada keadaan tertentu, pikiran spiritual seorang anak telah mewujud. Di tahun pertama seorang anak yang pertama kali aktif adalah chakra pertama (mahkota), tahun ke-2 adalah chakra ke-2 , dan seterusnya hingga tahun ke 7. Tujuh tahun pertama disebut dengan fase “give the breast-feeding”, yaitu fase dimana seorang anak akan selalu melakukan aktivitas “mencoba” dan meniru kondisi-kondisi yang ia terima. Kemudian di fase 7 tahun berikutnya disebut fase “vital energy”, yaitu fase dimana seorang anak telah siap menjumpai dan menerima iklim pelajaranSetelah itu terjadi “kilas balik” perkembangan Chakra dimana terjadi “pengurangan” yang mengarah pada “tanah”. Artinya, pada tahun ke – 8 seorang anak yang aktif adalah chakra ke-7, di tahun ke – 9 seorang anak yang aktif adalah chakra ke-6, demikian seterusnya. Setiap 7 tahun sekali (7, 14, 21, dst) adalah fase yang sangat penting dimana akan selalu terjadi perubahan “reverse-forward” ditinjau dari perkembangan aktivitas chakra, yang sangat berpengaruh pada apa yang terjadi pada manusia.

 

 

Iklan