APA ITU MEDITASI ?

Gambar

Meditasi: cara cepat untuk mengurangi stres
Meditasi dapat menghapus stres hari itu, membawa kedamaian batin. Lihat bagaimana Anda dapat dengan mudah belajar untuk berlatih meditasi kapanpun Anda membutuhkannya. By Mayo Clinic Staf

Jika stres telah Anda cemas, tegang dan khawatir, mempertimbangkan untuk mencoba meditasi. Menghabiskan bahkan beberapa menit meditasi dapat memulihkan ketenangan dan kedamaian batin.

Siapapun bisa berlatih meditasi. Ini sederhana dan murah, dan tidak memerlukan peralatan khusus. Dan Anda dapat berlatih meditasi di manapun Anda berada – apakah Anda keluar untuk berjalan-jalan, naik bus, menunggu di kantor dokter atau bahkan di tengah-tengah pertemuan bisnis yang sulit.
Memahami meditasi

Meditasi telah dipraktekkan selama ribuan tahun. Meditasi awalnya dimaksudkan untuk memperdalam pemahaman terhadap kekuatan suci dan mistik hidup. Hari-hari ini, meditasi umumnya digunakan untuk relaksasi dan mengurangi stres.

Meditasi dianggap sebagai jenis pikiran-tubuh pengobatan komplementer. Meditasi menghasilkan keadaan relaksasi dan pikiran yang tenang. Selama meditasi, Anda memfokuskan perhatian Anda dan menghilangkan aliran pikiran campur aduk yang mungkin berkerumun pikiran Anda dan menyebabkan stres. Proses ini menghasilkan peningkatan fisik dan kesejahteraan emosional.
Manfaat meditasi

Meditasi dapat memberikan rasa tenang, damai dan keseimbangan yang menguntungkan baik Anda kesejahteraan emosional dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Dan manfaat ini tidak berakhir ketika sesi meditasi Anda berakhir. Meditasi dapat membantu membawa Anda lebih tenang melalui hari Anda dan bahkan dapat memperbaiki kondisi medis tertentu.

Meditasi dan kesejahteraan emosional
Ketika Anda bermeditasi, Anda jelas menghilangkan informasi yang berlebihan yang terbentuk setiap hari dan berkontribusi terhadap stres Anda.

Manfaat emosional meditasi meliputi:

    Mendapatkan perspektif baru tentang situasi stres
    Keterampilan untuk mengelola stres Anda
    Meningkatkan kesadaran diri
    Fokus pada saat ini
    Mengurangi emosi negatif

Meditasi dan penyakit
Meditasi juga mungkin berguna jika Anda memiliki kondisi medis, terutama yang dapat diperburuk oleh stres. Sementara pertumbuhan badan penelitian ilmiah mendukung manfaat kesehatan dari meditasi, beberapa peneliti percaya itu belum mungkin untuk menarik kesimpulan tentang kemungkinan manfaat meditasi.

Dengan itu dalam pikiran, beberapa penelitian menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu kondisi seperti:

    Alergi
    Gangguan kecemasan
    Asma
    Pesta makan
    Cancer
    Depresi
    Kelelahan
    Penyakit jantung
    Tekanan darah tinggi
    Sakit
    Masalah tidur
    Penyalahgunaan zat

Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda tentang pro dan kontra dari menggunakan meditasi jika Anda memiliki kondisi ini atau masalah kesehatan lainnya. Dalam beberapa kasus, meditasi dapat memperburuk gejala yang berhubungan dengan kondisi kesehatan mental tertentu. Meditasi bukanlah pengganti untuk perawatan medis tradisional. Tapi mungkin menjadi tambahan yang berguna untuk pengobatan lain.

Jenis meditasi

Meditasi merupakan istilah umum bagi banyak cara untuk keadaan santai menjadi. Ada banyak jenis meditasi dan teknik relaksasi yang memiliki komponen meditasi. Semua berbagi tujuan yang sama untuk mencapai kedamaian batin.

Cara bermeditasi dapat mencakup:

    Dipandu meditasi. Kadang-kadang disebut citra dipandu atau visualisasi, dengan metode ini meditasi Anda membentuk citra mental dari tempat atau situasi Anda menemukan santai. Anda mencoba untuk menggunakan sebanyak mungkin indra mungkin, seperti bau, pemandangan, suara dan tekstur. Anda mungkin dipimpin melalui proses ini oleh pemandu atau guru.
    Meditasi mantra. Dalam jenis meditasi, Anda diam-diam mengulang kata menenangkan, pikiran atau frase untuk mencegah pikiran yang mengganggu.
    Meditasi kesadaran. Jenis meditasi ini didasarkan pada menjadi sadar, atau memiliki peningkatan kesadaran dan penerimaan hidup pada saat ini. Anda memperluas kesadaran Anda. Anda fokus pada apa yang Anda alami selama meditasi, seperti aliran nafas Anda. Anda dapat mengamati pikiran dan emosi, tetapi membiarkan mereka lewat tanpa menghakimi.
    Qi gong. Praktek ini umumnya menggabungkan latihan meditasi, relaksasi, gerakan fisik dan pernapasan untuk memulihkan dan menjaga keseimbangan. Qi gong (Chee-gung) merupakan bagian dari obat tradisional Cina.
    Tai chi. Ini adalah bentuk seni bela diri Cina lembut. Dalam tai chi (TIE-chee), Anda melakukan serangkaian sendiri mondar-mandir dari postur atau gerakan yang lambat, cara anggun saat berlatih pernapasan dalam.
    Meditasi transendental. Anda menggunakan mantra, seperti kata, suara atau frase berulang kali diam-diam, untuk mempersempit kesadaran Anda dan menghilangkan semua pikiran dari pikiran Anda. Anda fokus secara eksklusif pada mantra Anda untuk mencapai keadaan keheningan sempurna dan kesadaran.
    Yoga. Anda melakukan serangkaian postur dan latihan pernapasan dikendalikan untuk mempromosikan tubuh yang lebih fleksibel dan pikiran yang tenang. Saat Anda bergerak melalui pose yang membutuhkan keseimbangan dan konsentrasi, Anda didorong untuk fokus kurang pada hari sibuk Anda dan lebih pada saat ini.