Chakra Pusar (Manipura)

 Gambar

Warna : Kuning
Posisi : pinggang, perut (pusar/plexus solaris)
Elemen : Api
Tanda astro : Leo, Sagitarius, Gemini
Kelenjar : pancreas, adrenals
Organ : perut, hati, kantong empedu
Fungsi : pertumbuhan, penyembuhan, menerima dan mengeluarkan energi, tenaga bagi kemauan, tenaga personal
Disfungsi : gangguan pencernaan, borok, kencing manis, hypoglycemia, gangguan hati, metabolisme yang menyebabkan kegemukan

Chakra ini amat penting dalam mempertahankan vitalitas seseorang.Chakra ini memiliki 10 lembar daun.Chakra pusar berkaitan erat dengan sifat-sifat yang membawa kecenderungan seperti iri hati, rasa malu, tidak puas, murung, benci & takut (kekurangan rasa aman). Seseorang dengan chakra pusar yang berkembang & bersih maka akan dapat mengatasi hal-hal seperti tersebut di atas & mengubahnya menjadi suatu yang positif seperti rasa aman, puas, gembira, nyaman & percaya diri.

 Cakra Pusar adalah itu memberi kita perasaan kedermawanan , kebaikan , dan kepuasaan. Pada sisi kiri mutu yang utama dari pusat ini adalah kedamai – pembersihan terhapad cakra ini dapat membebaskan tekanan dan ketegangan. Pada sisi kanan , adalah memelihara hati kita yang mana adalah organ / bagian badan dari perhatian dan [ kuasa / tenaga ] konsentrasi kita.

Ketika diterangi oleh Chakra Dasar , cakra pusar memberi kita peningkatan rohani , kebajikan dan [ perasaan / pengertian ] kesusilaan dari bagian dalam , dan melengkapi dan menyeimbangkan semua tingkatan dalam hidup kita

 Jika Chakra Pusar Anda KUAT, Anda akan dikagumi banyak orang karena rasa percaya diri dan harga diri yang positif dan ideal, baik dalam karir maupun kehidupan pribadi Anda. Anda tidak pernah takut untuk berbicara mengenai apa yang Anda pikirkan, dan Anda memberdayakan orang di sekitar Anda untuk melakukan hal yang sama. Keluarga, rekan dan masyarakat melihat Anda sebagai individu yang kharismatik.Anda juga mempunyai tekad menggunakan kharisma dan kekuatan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik dan nyaman.

  Jika Chakra Pusar Anda LEMAH atau TERTUTUP Anda cenderung berjuang dengan masalah harga diri, dan perasaan tidak layak. Anda cenderung untuk mempertanyakan diri sendiri ketika menghadapi keputusan penting seperti apakah akan pindah ke kota lain, mengubah karir Anda, menikah dengan pasangan Anda atau untuk memiliki anak. Anda merasa diri seperti menjadi “korban” di dunia ini, dan sering merasa tak berdaya dengan keadaan dan keinginan orang lain. Anda juga sering menderita sakit perut.