BEBERAPA METODE MEDITASI

Gambar

 

1
Ikuti napas Anda. Meditasi yang paling dasar dan universal semua teknik meditasi, bernapas adalah tempat yang bagus untuk memulai latihan Anda. Memilih tempat di atas pusar Anda dan fokus pada itu tempat dengan pikiran Anda. Menjadi sadar akan naik dan turunnya perut Anda saat Anda bernapas masuk dan keluar. Jangan membuat usaha sadar untuk mengubah pola pernapasan Anda, hanya bernapas normal.

    Cobalah untuk fokus pada pernapasan Anda dan hanya pernapasan Anda. Jangan berpikir tentang pernapasan Anda atau lulus apapun penghakiman (misalnya napas yang lebih pendek dari yang terakhir), hanya mencoba untuk mengetahui dan menyadari hal itu.
    Beberapa citra mental yang mungkin membantu Anda antara lain: membayangkan koin duduk di tempat di atas pusar, naik dan turun dengan napas Anda, membayangkan pelampung mengambang di laut, naik-turun dengan membengkak dan jeda pernapasan Anda, atau membayangkan bunga teratai duduk di perut Anda, membentangkan kelopaknya dengan setiap tarikan napas.
    Jangan khawatir jika pikiran Anda mulai mengembara – Anda seorang pemula dan, seperti apa pun, menjadi baik pada meditasi membutuhkan latihan. Hanya berusaha untuk memfokuskan kembali pikiran Anda pada pernapasan Anda dan mencoba untuk memikirkan apa-apa lagi. Meredam obrolan dan berusaha untuk menjernihkan pikiran Anda.

2
Ulangi mantra. Meditasi Mantra adalah bentuk lain umum dari meditasi, yang melibatkan mengulangi mantra (suara, kata atau frase) berulang-ulang, sampai Anda membungkam pikiran dan memasuki keadaan meditasi yang mendalam. Mantra bisa apa saja yang Anda pilih, asalkan mudah diingat.

    Beberapa mantra yang baik untuk memulai dengan termasuk kata-kata seperti, damai, tenang, tenang, dan keheningan. Jika Anda ingin menggunakan mantra yang lebih tradisional, Anda dapat menggunakan kata “Hum” yang berarti “Aku” dalam bahasa Sansekerta, atau kalimat “Sat, Chit, Ananda” yang berarti “Eksistensi, Kesadaran, Bliss”.
    Dalam bahasa Sansekerta, mantra kata berarti “alat pikiran”. Mantra adalah instrumen yang menciptakan getaran dalam pikiran, sehingga Anda dapat memutuskan sambungan dari pikiran dan memasuki keadaan yang lebih dalam kesadaran.
    Diam-diam mengulangi mantra berulang-ulang untuk diri Anda bermeditasi, memungkinkan kata atau frase berbisik melalui pikiran Anda. Jangan khawatir jika pikiran Anda mengembara off, hanya memfokuskan kembali perhatian Anda dan kembali ke mengulangi kata
    Saat Anda memasuki tingkat yang lebih dalam kesadaran dan kesadaran, mungkin menjadi perlu untuk terus mengulangi mantra.

3
Berkonsentrasi pada objek visual yang sederhana. Dalam cara yang mirip dengan menggunakan mantra, Anda dapat menggunakan objek visual yang sederhana untuk mengisi pikiran Anda dan memungkinkan Anda untuk mencapai tingkat kesadaran yang lebih dalam. Ini adalah bentuk meditasi yang terbuka-mata, yang banyak orang merasa lebih mudah ketika mereka memiliki sesuatu untuk fokus pandangan mereka pada.

    Objek visual dapat menjadi apa pun yang Anda inginkan, meskipun banyak orang menemukan nyala lilin menyala sangat menyenangkan. Benda lain yang mungkin termasuk kristal, bunga, dan gambar atau patung dewa, seperti Buddha.
    Tempatkan objek di tingkat mata, sehingga Anda tidak perlu regangan kepala dan leher untuk melihatnya. Menatap itu dan tidak ada yang lain, sampai visi periferal Anda mulai redup dan objek mengkonsumsi visi Anda.
    Setelah Anda berfokus sepenuhnya pada objek, dengan tidak ada rangsangan lain mencapai otak Anda, Anda harus merasa rasa ketenangan yang mendalam.

4
Visualisasi praktek. Visualisasi adalah teknik meditasi lain yang populer, yang melibatkan menciptakan tempat yang damai dalam pikiran Anda dan menjelajahi itu, sampai Anda mencapai keadaan tenang lengkap. Tempat bisa dimana saja yang Anda suka – namun, itu tidak harus sepenuhnya nyata, itu harus unik dan personal untuk Anda.

    Tempat Anda memvisualisasikan bisa menjadi, pantai berpasir yang hangat, padang rumput penuh bunga, hutan yang tenang atau bahkan ruang duduk nyaman dengan kebakaran menderu. Apa pun tempat yang Anda pilih, memungkinkan untuk menjadi tempat kudus Anda.
    Setelah Anda memasukkan tempat kudus Anda, biarkan diri Anda untuk mengeksplorasi. Tidak ada kebutuhan untuk “menciptakan” lingkungan Anda, mereka sudah ada. Memungkinkan mereka untuk datang ke garis depan pikiran Anda.
    Mengambil dalam pemandangan, suara dan aroma dari lingkungan Anda – merasakan angin segar di wajah Anda, atau panas dari api pemanasan tubuh Anda. Nikmati ruang selama yang Anda inginkan, yang memungkinkan untuk secara alami berkembang dan menjadi lebih nyata. Ketika Anda siap untuk pergi, mengambil napas dalam-dalam, kemudian buka mata Anda.
    Ketahuilah bahwa Anda bisa datang kembali ke tempat ini sama pada saat Anda bermeditasi untuk visualisasi, atau Anda dapat membuat ruang baru. Setiap ruang yang Anda buat akan menjadi unik untuk Anda dan refleksi dari kepribadian individu Anda.

5
Melakukan scan tubuh. Melakukan scan tubuh melibatkan berfokus pada setiap bagian tubuh individu pada gilirannya dan sadar santai itu. Ini adalah teknik meditasi sederhana yang memungkinkan Anda untuk bersantai pikiran Anda rileks tubuh.

    Tutup mata Anda dan memilih titik awal pada tubuh Anda, biasanya jari-jari kaki. Berkonsentrasi pada sensasi apa pun yang Anda bisa rasakan di jari-jari kaki Anda, dan membuat usaha sadar untuk bersantai setiap otot berkontraksi dan melepaskan ketegangan atau sesak. Setelah jari-jari kaki sepenuhnya santai, beralih ke kaki Anda dan ulangi proses relaksasi.
    Lanjutkan di sepanjang tubuh Anda, bergerak ke atas dari kaki Anda ke betis, lutut, paha, pantat, pinggul, perut, dada, punggung, bahu, lengan, tangan, jari, leher, wajah, telinga dan bagian atas kepala Anda. Memakan waktu selama yang Anda inginkan.
    Setelah Anda menyelesaikan relaksasi setiap bagian tubuh individu, fokus pada tubuh Anda secara keseluruhan dan menikmati sensasi ketenangan dan kelonggaran yang telah Anda capai. Fokus pada pernapasan Anda selama beberapa menit sebelum keluar dari latihan meditasi Anda.

6
Coba jantung meditasi chakra. Chakra jantung adalah salah satu dari tujuh cakra atau pusat energi, yang terletak di dalam tubuh. Cakra jantung terletak di tengah dada dan berhubungan dengan cinta, kasih sayang, kedamaian dan penerimaan. Meditasi cakra jantung melibatkan mendapatkan berhubungan dengan perasaan ini dan mengirim mereka keluar ke dunia.

    Untuk memulai, tutup mata Anda dan menggosok telapak tangan Anda bersama-sama untuk menciptakan kehangatan dan energi. Kemudian, tempatkan tangan kanan di tengah dada Anda, lebih cakra jantung Anda, dan menempatkan tangan kiri di atas.
    Ambil napas dalam-dalam dan ketika Anda menghembuskan napas, ucapkan kata “yum”, yang merupakan getaran yang terkait dengan cakra jantung. Ketika Anda melakukan ini, bayangkan energi hijau bercahaya memancar dari dada Anda dan masuk ke telapak tangan Anda.
    Energi hijau ini adalah cinta, hidup dan apa pun emosi positif lain yang Anda rasakan pada saat itu. Bila Anda siap, mengambil tangan Anda dari dada Anda dan memungkinkan energi untuk melarikan diri dari telapak tangan Anda, mengirimkan cinta Anda untuk orang yang Anda cintai dan dunia.

7
Cobalah berjalan meditasi. Meditasi Berjalan adalah bentuk alternatif dari meditasi yang melibatkan mengamati pergerakan kaki dan menyadari koneksi tubuh Anda ke bumi. Jika Anda berencana untuk melakukan panjang, duduk meditasi, itu adalah ide yang baik untuk istirahat mereka dengan beberapa meditasi berjalan.

    Pilih lokasi yang tenang untuk berlatih meditasi berjalan Anda, dengan sesedikit mungkin gangguan. Ruang tidak perlu menjadi sangat besar, tetapi Anda harus mampu berjalan setidaknya tujuh langkah dalam garis lurus sebelum perlu untuk berbalik. Menghapus sepatu Anda, jika memungkinkan.
    Memegang kepala Anda dengan tatapan Anda diarahkan lurus ke depan, dan tangan Anda bersama-sama menggenggam di depan Anda, mengambil lambat, langkah yang disengaja dengan kaki kanan Anda. Lupakan tentang setiap sensasi atau perasaan di kaki dan mencoba untuk berkonsentrasi pada gerakan itu sendiri. Setelah mengambil langkah pertama, berhenti sejenak sebelum mengambil berikutnya. Hanya satu kaki harus bergerak pada waktu tertentu.
    Ketika Anda mencapai ujung jalan Anda berjalan, berhenti total, dengan kaki bersama-sama. Kemudian, berporos pada kaki kanan dan berbalik. Terus berjalan ke arah yang berlawanan, menggunakan lambat, gerakan disengaja sama seperti sebelumnya.
    Ketika melakukan meditasi berjalan, cobalah untuk fokus pada gerakan kaki dan tidak ada yang lain, dengan cara yang sama bahwa Anda fokus pada naik dan turunnya napas Anda selama meditasi bernapas. Cobalah untuk menjernihkan pikiran dan menjadi sadar akan hubungan antara kaki Anda dan bumi di bawah.

  Jangan mengharapkan hasil segera. Tujuan meditasi bukan untuk mengubah Anda menjadi seorang guru Zen semalam. Meditasi yang terbaik jika dilakukan untuk kepentingan diri sendiri, tanpa terikat pada hasil.
    Meditasi dilakukan selama jangka waktu yang panjang telah terbukti memiliki banyak hasil yang bermanfaat dan bernilai baik praktek terus menerus. Manfaat meliputi: Peningkatan perhatian dan kesadaran, mengurangi stres, lebih tenang dan lebih santai suasana hati, meningkatkan memori dan fokus, dan meningkat pada materi abu-abu (sel-sel otak) di berbagai bagian otak.
    Lakukan apa yang terbaik untuk Anda. Apa yang bekerja untuk beberapa orang mungkin memiliki teknik lain yang mungkin tidak bekerja untuk Anda. Jangan biarkan hal itu membuat Anda turun. Ingatlah untuk bersantai!
    Jika Anda ingin bermeditasi, dan merasa lelah, lelah, sakit, atau apa pun, bahkan hanya unrelaxed, ke titik di mana Anda mencoba tetapi tidak berhasil, coba lakukan sesuatu yang rileks. Berjalan kaki, atau berlari, kemudian mandi atau mandi. Karena semua akan menghilangkan stres. Kemudian kembali, dan coba lagi.
    Dengan postur tubuh yang baik, maka akan lebih mudah untuk bernapas sebagai paru-paru Anda akan memiliki lebih banyak ruang. Bahkan, Anda mungkin melihat bagaimana sebagian besar otot dalam pekerjaan badan Anda untuk membantu Anda bernapas, dari otot-otot di dasar panggul dengan yang di leher Anda, berpusat pada otot pernapasan utama, diafragma. Mereka bekerja hanya sedikit, membantu diafragma. Jika Anda melihat ini, itu pertanda baik Anda telah membentuk postur tubuh yang baik. Sikap yang tepat adalah mudah dan nyaman. Anda hampir merasa seperti Anda mengambang.
    Apa yang Anda lakukan dengan pikiran diam adalah terserah Anda. Beberapa orang menemukan bahwa itu adalah saat yang tepat untuk memperkenalkan sebuah niat atau hasil yang diinginkan ke pikiran bawah sadar. Lain lebih memilih untuk “istirahat” dalam keheningan meditasi langka yang menawarkan. Bagi orang-orang beragama, meditasi sering digunakan untuk berhubungan dengan Tuhan mereka (s) dan menerima visi.
    Jangan biarkan suara hati Anda untuk menyelinap masuk melalui pintu belakang pikiran Anda. Amati, tapi jangan bergaul dengan itu.
    Sangat mudah untuk kehilangan jejak waktu saat bermeditasi. Menjadi prihatin tentang waktu dapat mengganggu meditasi. Beberapa orang merasa membebaskan untuk mengatur timer dan biarkan khawatir tentang berapa lama Anda harus bermeditasi. Pilih timer lembut. Jika terlalu menggelegar, antisipasi alarm dapat mengganggu.
    Membuat beberapa upaya untuk berhati-hati suasana hati dan pikiran Anda ketika tidak bermeditasi. Anda mungkin menyadari bahwa Anda merasa lebih tenang, lebih bahagia, dan lebih tajam pada hari-hari ketika Anda telah bermeditasi, dan melihat adanya penurunan kualitas ini ketika Anda memiliki tidak.
    Jika Anda merasa sulit untuk bermeditasi selama jangka waktu yang telah Anda pilih, cobalah waktu yang lebih singkat untuk sementara waktu. Hampir setiap orang bisa bermeditasi selama satu atau dua menit tanpa mengalami pikiran mengganggu. Kemudian, sebagai lautan yang menenangkan pikiran, Anda secara bertahap memperpanjang sesi meditasi Anda sampai Anda telah mencapai panjang yang diinginkan waktu

.