TENAGA DALAM

index
Tenaga dalam adalah suatu konsep yang populer di dalam masyarakat Melayu di Asia Tenggara terutamanya di Indonesia dan Malaysia.
Tenaga dalam dianggap suatu tenaga manusia yang mempunyai kekuatan luar biasa. Tenaga dalam dibedakan dari tenaga luar manusia (yang biasanya disebut secara ringkas sebagai “tenaga” saja) yang berbentuk tenaga fisik seperti kekuatan otot tangan mengangkat barang.

Pada dasarnya setiap orang memiliki apa yang disebut dengan tenaga dalam, hanya saja mereka tidak mengetahui bagaimana cara membangkitkan atau mengembangkannya. Tenaga dalam itu itu sudah ada sejak manusia dilahirkan. Tetapi tenaga itu masih pasif dan sewaktu-waktu akan bangkit bila orang tersebut dalam keadaan panik, tidur berjalan, terhipnotis atau ketakutan yang luar biasa.
Contoh : Seseorang yang takut kepada anjing akan memiliki kemampuan yang luar biasa dalam berlari menghindari kejaran anjing yang berlari cepat. Bila terdesak, orang tersebut dapat melompati tembok setinggi 2 m dengan sekali lompat. Rasa takut yang berlebihan tersebut dapat membangkitkan tenaga dalamnya yang sedang ‘tidur’. Secara otomatis tenaga dalam tersebut bangkit dan tersalur pada kedua kakinya yang sedang dipergunakan untuk berlari, tetapi setelah berhasil menyelamatkan diri kekuatan itu reda dan energi itu ‘tidur’ kembali. Kemudian orang itu baru menyadari bahwa dirinya telah melakukan sesuatu yang luar biasa.

Hawa panas dan hawa dingin
Tenaga dalam membentuk getaran-getaran yang dapat disalurkan pada urat-urat tubuh dan pembuluh-pembuluh darah. Getaran-getaran energi ini bisa berbeda-beda, ada yang menimbulkan hawa panas dan ada yang hawa dingin, tergantung bagaimana cara orang itu berlatih.
Tanda bangkitnya tenaga dalam yaitu dengan terasanya hawa hangat pada sekitar bawah pusar. Hawa hangat ini tidak terpencar-pencar dan bisa kita salurkan ke bagian tubuh manapun yang kita mau. Makin lama hawa hangat itu semakin panas dan jika dilatih secara rutin, untuk menyalurkannya semakin gampang. Energi tenaga dalam ini apabila disalurkan pada suatu bagian tertentu akan membentuk kekuatan yang dapat dipergunakan untuk menghancurkan benda-benda keras, pengobatan dan lain-lain.
Energi tenaga dalam bisa diatur menjadi hawa panas atau hawa dingin menurut keperluan, bahkan secara alami jika orang itu punya energi tenaga dalam banyak, jika orang itu berada pada hawa sangat dingin maka energi itu berubah menjadi hawa panas sedangkan jika orang itu berada pada terik matahari akan berubah menjadi hawa dingin. Energi tenaga dalam inilah yang dipergunakan oleh kalangan persilatan di dalam menambah mutu silatnya, juga dapat dipergunakan sebagai senjata yang ampuh.

Tenaga dalam untuk meningkatkan mutu silat
Tenaga dalam biasanya dikaitkan dengan aliran seni bela diri masyarakat Melayu. Dipercayai tenaga dalam ada pada diri semua manusia namun perlu dilatih dengan kaedah-kaedah tertentu antara lain:

Teknik pernafasan.
Konsentrasi.
Meditasi.
Latihan jurus.

Dalam lingkungan masyarakat China, tenaga dalam sangat bergantung pada aliran chi dalam tubuh kita. Aliran chi adalah aliran tenaga adalah tenaga dari alam dan tubuh kita yang menyatu. Ini juga tergantung pada keyakinan Yin-Yang.
Tujuan-tujuan membangkitkan tenaga dalam, di antara lain, adalah seperti berikut:

Untuk kesehatan mental dan fisik.
Untuk bela diri.

Tenaga fisik menjadi jauh lebih kuat apabila tenaga dalam sudah mencapai tingkat tertentu. Jadi bila dengan tenaga fisik biasa kita hanya mampu mengangkat beban 50 kg, dengan dibantu penyaluran tenaga dalam kita dapat mengangkat beban yang lebih berat dari itu.
Untuk mempertajam panca indera. Jadi kelima panca indera mulai dari penglihatan, pendengaran, penciuman, indera peraba dan perasa menjadi lebih peka pada tingkatan tertentu ke atas.
Untuk membangkitkan indera keenam. Indera keenam yang lazim disebut dengan Extra Sensory Perception (ESP) bila sudah bangkit maka firasat kita akan menjadi tajam dan bisa mengetahui adanya bahaya sebelum terjadi. Selain itu juga bisa mengetahui niat jahat seseorang hanya dengan melihat sekilas raut wajah orang tersebut.
Untuk pertunjukan atau atraksi untuk menghancurkan benda-benda keras. Target kesanggupan memecahkan benda keras tersebut tergantung dari tingkatan tenaga dalam yang dikuasainya. Makin tinggi tenaga dalamnya, makin besar daya hancur terhadap sasarannya.

Untuk meringankan tubuh.
Untuk memperkuat memori otak.
Untuk perawatan dan penyembuhan penyakit terutama penyakit yang tidak dapat dirawat oleh ilmu kedokteran modern.

Untuk mendeteksi penyakit jarak dekat dan jarak tak terbatas, bisa untuk membantu kalangan medis yang tidak dapat menemukan penyakit seseorang, maka dengan menggunakan pendeteksian tenaga dalam tanpa disentuh, dapat ditemukan kelainan fungsi bagian tubuh untuk periksa ulang dilaboratorium.

Sebagian pengamal ilmu tenaga dalam mengatakan bahwa tenaga dalam dapat dijelaskan secara ilmiah. Namun hingga kini, belum ada kajian yang jelas secara ilmiah berkenaan tenaga dalam dan manfaatnya.
Tenaga dalam dan Jin
Pada dasarnya tenaga dalam perlu dibangkitkan oleh guru tenaga dalam, tenaga dalam yang bisa menghasilkan kekuatan yang diluar nalar manusia adalah karena dari gabungan energi bathin atau gabungan dari ilmu lain, bisa juga bantuan dari makhluk halus atau jin. Hal ini bisa dilihat dari fakta-fakta berikut :

Dibutuhkan proses pembukaan sukma, cakra, aura, atau apapun istilahnya. Proses ini membuka atau membangkitkan jalannya, agar tenaga dalam dapat dilatih dan diolah menurut cara masing-masing.
Tenaga dalam dapat diaplikasikan bagaimana tenaga dalam itu dilatih atau bisa menurut keperluan sebatas dalam jangkauan ilmu tenaga dalam.

Praktisi tenaga dalam merasakan pergerakan diluar kesadaran, pergerakan ini berasal dari alam bawah sadar tandanya tenaga dalam mengalir secara alami tanpa kita perintah. Misalnya tangan, kaki dan tubuh bergerak sendiri tanpa kita gerakkan. Jika tenaga dalam berasal dari bantuan Jin gerakan itu tanpa disadari berasal gerakan-gerakan dari jin yang membantu.

Jika tenaga dalam itu berasal dari hasil dibangkitkan oleh seseorang, tenaga dalam dapat dihilangkan oleh orang yang ilmu tenaga dalamnya sudah sempurna dan tinggi, bisa juga sulit dihilangkan dan bahkan tidak dapat dihilangkan oleh siapapun jika bangkitnya tenaga dalam itu secara alami.
Tenaga dalam tidak berlaku apabila digunakan pada tempat diluar kekuasaan jin yang bersangkutan
Tenaga dalam yang berasal dari bantuan jin, bisa hilang sepenuhnya setelah praktisi tenaga dalam mengikuti terapi rukyah / mengusir jin dari dalam tubuh dengan menggunakan ayat-ayat AlQuran

Sumber tenaga dalam
Sumber tenaga dalam sebenarnya ada dua macam yaitu :

Bersumber dari diri sendiri, berpusat kepada Tuhan yang Maha Esa semuanya bersumber dari pengolahan jasmani dan rohani ciptakan Tuhan, untuk membangkitkan tenaga dalam ini memerlukan seorang Guru tenaga dalam untuk mengaktifkan tenaga dalam. Untuk dibangkitan sendiri sebenarnya bisa tapi berbahaya dan beresiko. Contoh resiko kerasukan Jin atau roh dan bisa juga berakibat kelainan mental.

Bersumber dari kekuatan alam yaitu kekuatan Jin dan roh, cara ini lebih berbahaya dari yang petama dan resikonya lebih besar. Cara yang kedua ini ciri khasnya yalah harus menyediakan sesaji, membakar kemenyan, minyak wangi, selamatan ayam panggang dan masih banyak cara lain semua itu ritual pemanggilan Jin atau Roh untuk membantu jika suatu saat diperlukan.