Apa ituTenaga Prana ?

Prana ( प्राण , prana ) adalah bahasa Sansekerta kata “kehidupan vital” (dari akar pra “untuk mengisi”, serumpun ke Latin : plenus “penuh”). Ini adalah salah satu dari lima organ vitalitas atau sensasi, yaitu prana “nafas”, vaksin “pidato”, chakshus “melihat”, shrotra “mendengar”, dan manas ” pikiran “(hidung, mulut, mata, telinga dan pikiran)

Dalam Vedanta filsafat, prana adalah gagasan tentang suatu yang penting kehidupan kekuatan-pendukungan makhluk hidup dan energi vital , sebanding dengan gagasan Cina Qi . Prana adalah sebuah konsep sentral dalam Ayurveda dan Yoga , di mana diyakini mengalir melalui jaringan saluran halus halus yang disebut nadi . Bentuk materi paling halus adalah nafas, tetapi juga dapat ditemukan dalam darah, dan bentuk yang paling terkonsentrasi adalah air mani pada pria dan cairan vagina pada wanita. The Pranamaya-Kosha adalah salah satu dari lima Koshas atau ” selubung “dari Atman .

Prana pertama kali diuraikan dalam Upanishad , di mana itu adalah bagian dari alam, dunia fisik, mempertahankan tubuh dan ibu pemikiran dan dengan demikian juga dari pikiran . Prana suffuses semua bentuk hidup tapi tidak sendiri dengan Atman atau jiwa individu. Dalam Ayurveda, Sun dan sinar matahari yang diadakan untuk menjadi sumber prana.

Dalam filsafat Hindu dari Kashmir Shaivism , prana dianggap sebagai satu aspek dari Shakti ( energi kosmik ).

 

Prana adalah teknik energi esoteris yang berakar dari tradisi mistik Tibet kuno, dan merupakan bagian dari Meditasi Shamballa, yaitu suatu teknik meditasi untuk memasuki ruang kesadaran murni yang dikenal dengan sebutan Shamballa, Shangri-La, atau titik Samadhi.

 

Prana merupakan teknik energi yang tertinggi, oleh karena itu bagi mereka yang mempelajari teknik ini, akan memiliki keselarasan terhadap seluruh energi alam semesta, dan memiliki akses tanpa batas ke seluruh energi alam semesta, apapun jenis vibrasi maupun fungsinya !

Prana adalah “kunci pembuka ilmu”. Seorang praktisi adalah Grandmaster dari seluruh tradisi energi, karena dapat melakukan inisiasi terhadap diri sendiri dan juga terhadap orang lain atas seluruh tradisi energi yang pernah ada dimuka bumi ini.

Prana Shakti adalah suatu keilmuan yang bersifat universal, oleh karena itu dapat dipelajari oleh siapapun juga, dan tidak mengacu kepada agama atau keyakinan tertentu.

Dalam Yoga

Tiga saluran utama prana adalah Ida, yang pingala dan Sushumna. Ida berhubungan dengan sisi kanan otak, dan sisi kiri tubuh, mengakhiri di lubang hidung sebelah kiri dan pingala ke sisi kiri otak dan sisi kanan tubuh, mengakhiri di lubang hidung kanan. Dalam beberapa praktek, pernapasan hidung alternatif menyeimbangkan prana yang mengalir dalam tubuh. Dalam kebanyakan teks kuno, jumlah nadi dalam tubuh manusia dinyatakan menjadi 72.000. Ketika prana memasuki periode terangkat, aktivitas intensif, Yoga tradisi menyebutnya sebagai Pranotthana .

Dalam Ayurveda

Prana tersebut dirinci menjadi subkategori, disebut sebagai prana vayus . Menurut filsafat Hindu ini adalah prinsip-prinsip penting dari dasar energi fakultas dan halus dari seorang individu yang menopang proses fisiologis. Ada lima Pranas atau arus penting dalam sistem Hindu:

1. Prana : Mengalahkan dari jantung dan pernapasan. Prana memasuki tubuh melalui nafas dan dikirim ke setiap sel melalui sistem peredaran darah .

2. Apana : penghapusan limbah produk dari tubuh melalui paru-paru dan sistem ekskresi

3. Udana : suara produksi melalui aparat vokal, seperti dalam berbicara, bernyanyi, tertawa, dan menangis. Juga merupakan energi sadar yang dibutuhkan untuk menghasilkan vokal suara yang sesuai dengan maksud dari sosok tersebut. Oleh karena itu Samyama pada Udana memberikan pusat yang lebih tinggi total kontrol atas tubuh.

4. Samana : dengan pencernaan makanan dan sel metabolisme (yaitu perbaikan dan pembuatan sel baru dan pertumbuhan). Samaná juga mencakup panas mengatur proses tubuh. Aura adalah proyeksi dari arus ini. Dengan praktik meditasi seseorang dapat melihat aura cahaya sekitar setiap makhluk. Yogi yang melakukan praktek khusus pada samana dapat menghasilkan aura yang terik di akan.

5. Vyāna : proses ekspansi dan kontraksi dari tubuh, misalnya sistem otot sukarela

Upa-Pranas

Dalam Yoga Prana ini lebih diklasifikasikan ke dalam subkategori Upa-prana dengan item berikut:

Naga : bersendawa.

Kurma : berkedip

Devadatta : menguap

Krikala : Bersin

Dhananjaya : pembukaan dan penutupan katup jantung

 

Pranayama adalah praktek di mana kontrol prana dicapai (awalnya) dari kontrol pernapasan seseorang. Menurut filsafat Yoga nafas, atau udara, hanyalah pintu gerbang ke dunia prana dan manifestasinya dalam tubuh. Dalam yoga, teknik pranayama digunakan untuk mengontrol pergerakan energi-energi vital dalam tubuh, yang dikatakan menyebabkan peningkatan vitalitas dalam praktisi.

Namun, latihan intensif teknik ini tidak sepele. Kason menjelaskan situasi dimana teknik pranayama intensif mungkin memiliki efek buruk pada praktisi tertentu. Menurut kundalini yoga , latihan intensif dan sistematis pranayama dapat menyebabkan bangkitnya Kundalini

prana